Tujuan Reklame dan Manfaat Utamanya Yang Harus Diketahui

Apa Tujuan Reklame, apasih manfaatnya bagi orang yang memasang reklame dan bagi si calon konsumen. Berikut kami akan memberikan Tujuh Tujuan dan manfaat reklame.

Reklame merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita, dimanapun kita pasti selalu ada Reklame yang menghampiri, dari mulai reklame makanan ringan di pinggir jalan, iklan shampo serta sabun mandi di televisi, serta reklame produk tertentu lainnya yang sering kita lihat.

1. Memperkenalkan Produk baru di Pasar

Kalau sebuah perusahaan memproduksi sebuah barang, misalnya mobil bermerek Y , tentu saja merek tersebut tidak akan dikenal, sebelum perusahaan tersebut memperkenalkannya dengan cara membuat reklame di berbagai tempat.

2. Sebagai Penjelasan singkat produk

Sama dengan poin pertama, tetapi ada reklame yang hanya memperkenalkan saja, ada juga reklame yang memperkenalkan sekaligus menjelaskan.

Tentu saja kalau reklame tersebut berbentuk spanduk, maka sangat padat dengan kata kata, sehingga terkadang sulit untuk dibaca. Contohnya reklame mendaftar sekolah tahun ajaran baru.

Tetapi jika produk tersebut berbentuk Reklame elektronik, maka durasinya akan lebih panjang, sehingga membuat calon konsumen lebih paham dan lebih tertarik, tetapi biayanya pasti lebih mahal dari reklame biasa.

3. Memperluas Target Pasar

Reklame membantu memperluas target pasar. Jika Kota A telah mengenal produk mobil Y , maka reklame selanjutnya akan menargetkan kota lainnya, sehingga mereka juga mengenal dan tertarik pada produk mobil Y.

4. Meningkatkan Penjualan

Tentu saja jika suatu produk telah dikenal, mereka ingin membuat reklame bukan dengan niat ingin mengenalkan produk lagi, tetapi meningkatkan penjualan, tentunya dengan iklan yang lebih menarik.

5. Mengedukasi Para Konsumen

Terkadang konsumen membeli sesuatu hanya karena penasaran, bukan karena benar benar mengetahui manfaat produk tersebut. Nah, tugas reklame adalah mengedukasi atau memberitahu konsumen tentang Produk tersebut sesingkat dan sejelas mungkin sehingga konsumen bisa merasa tidak dirugikan jika membeli produk tersebut.

6. Meningkatkan Hubungan baik antara konsumen dan Penyedia produk

Reklame terkadang bisa membuat citra baik perusahaan penyedia produk, karena iklan yang baik akan membawa reputasi baik bagi perusahaan. Konsumen tidak merasa seperti tertipu setelah membeli produk secara langsung, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk perusahaan tersebut.

7. Membuka lowongan pekerjaan

Dengan banyaknya permintaan reklame, maka lowongan pekerjaan pun otomatis terbuka. Banyak orang yang meminta membuat reklame tentang produk shampo, sabun, mobil, motor, sehingga dapat membuat kerja sama yang saling menguntungkan.

Tentu saja Manfaat utama dari memasang reklame adalah untuk Memberi tahu para konsumen tentang Produk yang kita iklankan.



Leave a Reply